Membaca dalam waktu lama dan melakukan pekerjaan dengan ketelitian sangat tinggi dengan penerangan buruk atau dengan posisi tubuh yang kurang baik dapat menyebabkan mata lelah dan bisa merusak mata. Sakit kepala yang sesekali timbul setelah kegiatan merupakan akibat dari ketegangan konsentrasi dan regangan otot. Sakit kepala yang selalu timbul saat sedang membaca adalah merupakan pertanda bahwa penglihatan anda mulai terganggu, sebaiknya anda melakukan pengujian di optik.

Penanggulangan yang paling murah adalah dengan mengurangi kegiatan membaca. usahakan untuk melihat hal-hal yang menyenangkan atau berwarna (terutama hijau) setelah membaca. Jika hal ini tidak membantu buat kompres ringan dengan ramuan buatan sendiri, berikut ini tips mengatasi mata lelah dengan bahan alami :

  • Mentimun

Caranya adalah iris mentimun dengan kulitnya, sambil berbaring kompres mata dengan irisan mentimun tersebut sekitar 30 menit. Mentimun bersifat astringent, selain menyegarkan juga mampu menyingkirkan lemak di sekitar mata. Terakhir oleskan minyak jojoba yang berkhasiat melembabkan kulit.

  • Teh

Caranya adalah ambil dua kantung teh dan seduh dengan air mendidih (secukupnya) dan biarkan dingin. Kemudian kompreslah mata dengan kantung teh tersebut 5-10 menit. Teh bersifat astringent yang dapat merilekskan otot mata. Setelah itu angkat kantung teh dan biarkan 5-10 menit, bilas mata dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Lakukan kompres ini setiap hari selama seminggu secara berturut-turut. Setelah itu cukup dilakukan dua kali dalm seminggu. Nisacaya keletihan mata anda akan jauh berkurang.

  • Daun sirih

Merendam mata dengan daun sirih dapat membuat mata menjadi bersih dan bercahaya. Daun sirih mengandung antiseptic yang mampu membunuh bakteri yang berbahaya bagi mata dan enzim tertentu yang sangat berguna bagi mata, diantaranya mencegah pembesaran pembuluh darah kapiler yang terdapat disekitar mata sehingga mata terlihat lebih putih dan bersih. Cara yang bisa dilakukan adalah :

- siapkan 5 lembar daun sirih dan 1 gelas air putih, rebus air hingga mendidih, masukkan daun sirih yang telah dicuci bersih dan diamkan hingga 5 menit. angkat dan dinginkan

- Jika anda memiliki perendam mata, taungkan air sirih yang telah dingin dan rendam mata kiri sekitar 30 detik, kedip-kedipkanmata selagi merendam. Lakukakan hal yang sama pada mata anda yang sebelah kanan. Niscaya mata akan terlihat bersih dan bercahaya.

  • Buah dan sayuran bervitamin A

Mengkonsumsi sari buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. berikut ini tips mengatasi mata lelah dengan buah dan sayur yang mengandung vitamin A :

- Siapkan 5 buah wortel, kupas kulitnya, 100 gr pepaya, 100 gr nanas, 1 irisan jeruk nipis, 1 sendok makan madu

- Ambil sari buah wortel, pepaya dan nanas dengan menggunakan juicer. Pisahkan ampasnya dan sisihkan.

- Campurkan ketiga jenis sari buah tersebut dan tambahkan madu dan perasan jeruk nipis (dan sedikit garam bila suka).

- Masukkan dalm lemari es sebelum diminum atau dapat diminum langsung begitu saja.

Demikianlah beberapa tips mengatasi mata lelah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi alternatf yang muarah bagi kita semua dalam mengatasi mata lelah.

Tanya Jawab Seputar Kelainan Mata

Incoming search terms:

obat mata untuk bayi (679),obat mata alami (169),yhs-fh_lsonsw (152),obat mata minus alami (85),mata kabur (82),obat mata untuk anak 2 tahun (76),obat untuk mata kabur (67),obat belekan (65),mengobati mata kabur (62),Obat mata belekan (60),obat mata yang ampuh (41),obat tradisional mata kabur (40),obat herbal mata kabur (33),cara mengatasi mata kabur (29),obat belekan pada anak (28),mengatasi mata kabur (25),pengobatan mata kabur (24),obat alami untuk mata kabur (23),obat alami mata kabur (23),sakit mata belekan (22)