Sakit mata merupakan salah satu penyakit yang bisa di katakan berbahaya karena bisa menular, tentunya kita tidak berharap tidak sampai terkena sakit mata. ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mata kita tetap sehat dan kita terhindar dari sakit mata,  yaitu :

1. tidak merokok

kita semua pasti sudah tahu bahwa merokok merusak kesehatan. tetapi , mungkin kita belum tahu bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan masalah sakit mata. Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti kerusakan saraf optik, sindrom mata kering dan katarak.

2. mengendalikan gula darah

jika anda mempunyai gula darah tinggi maka segeralah di kontrol dan di obati. jika tidak segera diobati dapat memengaruhi penglihatan dan menyebabkan kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Bila Anda memiliki kencing manis, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala dan meminum obat.

3. berilah mata nutrisi yang baik

Buah dan sayuran berwarna-warni kaya akan antioksidan, Makanlah makanan yang kaya akanantioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas.

vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit yang disebut rabun senja, di mana seseorang tidak bisa melihat di cahaya remang-remang. sumber utama vitamin A terletak pada buah wortel.

4. menghindari mata dari sengatan sinar matahari

apabila mata terkena sinar matahari terus-menerus dapat menyebabkan katarak. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus retina sehingga menyebabkan kerusakan mata. pakailah kaca mata hitam yang dibuat khusus untuk melindungi mata.

5. melakukan kebiasaan baik buat mata

menonton televisi atau menatap layar komputer atau membaca selama berjam-jam, adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk mata. Usahan jangan melihat televisi, membaca, bermain komputer atau laptop dalam keadaan gelap, karena akan menyebabkan kerja mata menjadi berat, pakailah cahaya yang terang. Otot-otot mata Anda akan terkunci pada posisi yang tetap sehingga kehilangan fleksibilitas, buatlah jeda istirahat dan alihkan pandangan Anda pada benda-benda yang ada di sekitarnya agar mata tidak lelah. Latihan mata secara teratur juga dapat membantu memulihkan dan mencegah masalah penglihatan untuk  masa depan.

6. periksakan mata anda secara berkala

periksakan atau konsultasikan secara berkala mata anda, untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali.  Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan pada mata. oleh karena itu cara-cara tersebut harus kita praktekkan sehingga kita bisa terbebas dari sakit mata.


Incoming search terms:

sakitmata com (118),mata sakit kena cahaya (23),obat tetes mata untuk mata lelah (23),obat tetes mata untuk mata gatal (20),obat tetes mata gatal (16),Cara Menjaga Kesehatan Mata (14),tetes mata untuk mata lelah (14),obat tetes mata lelah (10),obat tetes untuk mata lelah (9),obat untuk mata gatal2 (8),obat tetes untuk mata gatal (8),tetes mata untuk mata gatal (6),obat mata gatal2 (5),obat untuk mata kering dan gatal (3),obat mata lelah? (3),obat mata gatel (3),tips kesehatan mata (3),menjaga kesehatan mata (3),obat mata buat mata gatal (2),obat tetes buat mata gatal (2)