Bekerja menghadap layar komputer sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata, apalagi jika setiap hari kita melakukannya karena tuntutan dari pekerjaan kita yang mengharuskan selalu berhadapan dengan komputer. Jika memang demikian maka biasanya akan membuat mata tegang dan lelah. Gejala yang timbul meliputi sakit kepala, pandangan kabur, mata kering, mata kejang, hingga berkurangnya produktivitas. Untuk mengurangi gangguan tersebut, berikut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar mata kita tetap sehat walaupun setiap hari berhadapan dengan komputer.

1. Pencahayaan

Hindari cahaya yang terlalu terang baik dari sinar matahari atau lampu dalam ruangan dan juga hindari cahaya yang terlalu redup. Posisikan monitor sehingga jendela ada di sisi sebelah, bukan depan atau belakang layar komputer. Jika Anda pakai kacamata, pertimbangkan lensa dengan lapisan AR (anti-reflective).

2. Layar komputer

Layar LCD lebih mudah diterima oleh mata karena umumnya dilengkapi dengan permukaan AR. Setel brightness hingga sama terangnya dengan sekeliling ruang kerja. Jadi sebaiknya ganti layar CRD dengan LCD, atau bisa di tambahkan layar anti silau.

3. Berkedip

Sering-seringklah berkedip karena berkedip membuat permukaan mata tetap lembab, sehingga iritasi dan kondisi kering berkurang. Saat bekerja di depan komputer, biasanya seseorang kurang berkedip (5 kali lebih sedikit daripada orang normal). AC yang dipasang di ruangan juga bisa memperparah mata kering. Jadi usahakan untuk sering-sering berkedip. Jika mata mulai kering, tetesi dengan obat mata/ air mata buatan selama jam kerja.

4. Latih otot mata

Untuk mengurangi resiko otot mata terkunci pada kondisi/ arah pandang yang itu-itu saja, lakukan latihan otot mata. Pandang obyek yang jauh di sana (sekitar 6 meter) selama 10-15 detik, lalu tatap sesuatu yang dekat (sekitar 40 cm) selama 10-15 detik. Lalu amati obyek jauh lagi, dan ulangi proses tersebut hingga 1 menit, sedikitnya 3 kali sehari.

5. Istirahat

Untuk mengurangi resiko mata tegang akibat menatap layar terus menerus, buang pandangan dari komputer sedikitnya 20 menit setiap hari, dan pandang obyek yang jauh (sedikitnya 6 meter) selama 20 detik. Mengambil waktu 2 x 15 menit untuk istirahat dan menjauh dari komputer pada sepanjang hari kerja (bisa saat jam makan siang), tak hanya bisa mengurangi ketidaknyamanan, namun juga meningkatkan produktivitas. Dan selama waktu break tersebut, berdiri dan bergeraklah, lakukan peregangan tangan, kaki, punggung, leher, dan bahu untuk mengurangi tegangan.

6. Posisi komputer

Selan itu, pastikan posisi Anda tak terlalu dekat dengan komputer (sedikitnya 60 cm). Pastikan posisi layar 10-15 derajat di bawah mata untuk posisi nyaman bagi kepala dan leher.

Tanya Jawab Seputar Radix Vitae

Incoming search terms:

komputer (26),tips agar mata tetap sehat di depan komputer (21),agar mata tetap sehat di depan komputer (11),kelopak mata sakit saat berkedip (6),mata sakit saat berkedip (6),mata sehat didepan komputer (4),penyebab mata sakit saat berkedip (4),agar mata tetap sehat didepan komputer (4),agar mata sehat didepan komputer (4),kesehatan mata didepan komputer (4),agar mata tetap sehat (3),gambar orang depan komputer (3),tips kesehatan mata didepan komputer (3),mata tetap sehat di depqn komputer (3),tips sehat di depan komputer (3),mata sehat depan komputer (3),tips agar mata sehat (2),mata sehat di depan komputer (2),tips agar mata tetap sehat di depan layar komputer (2),di depan komputer mata saya sakit (2)