Sekarang makin banyak dijumpai keluhan mata kering dan papar. Gangguan pada air mata, pasti karena susunan lapis lemak, air dan lendirnya berubah. kalau capek mata mengantuk maka secara alami mata mengeluarkan banyak air mata. Mata kering adalah keadaan kurang atau tiadanya air mata hingga lapis air mata mudah pecah atau mendapat bercak kering. Ada beberapa sebab, yang alami adalah faktor usia, makin berumur, produksi air mata pun berkurang. Faktor lingkungan, mata lelah dan gatal, mudah kering akibat terlalu lama terpajan pendingin ruangan, pencemaran udara, sinar menyilaukan dan radiasi layar komputer.

Untuk mengatasi mata kering, pertama-tama adalah mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Jika karena pejanan radiasi layar komputer, pendingin ruangan dan pencemaran udara maka solusinya adalah tinggal ubah perilaku. Jangan terus-menerus menatap layar komputer lebih dari 1 jam, jeda dulu setidaknya 5 menit khususnya yang sudah berkacamata. Jika kekurangan vitamin A dan penyakit sistemik diatasi, maka keluhan pun mereda. Biasanya penanganan mata kering bersifat neringankan lewat pemberian air mata buatan.

Tips mengatasi mata kering :

  • Pembasahan mata dengan memejamkan mata sejenak atau mengedipkan mata diantara waktu bekerja.
  • Sempatkan untuk mengompres mata dari luar dengan waslap yang dibasahi dan pejamkan mata sambil tiduran.
  • Hindari paparan hembusan kipas angin, pengering rambut, AC  ke arah wajah.
  • Pada saat berenang usahakan untuk sesekali kedipkan mata
  • Hindari paparan asap kendaraan secara langsung, asap rokok, dan debu
  • Penggunaan kacamata pelindung bila mengendarai kendaraan bermotor, berenang, atau bagi yang bekerja di tempat yang berkontak dengan percikan cahaya, misal tukang las.
  • Ambil waktu untuk keluar dari  ruangan kantor diantara jam kerja bila mata sudah terasa letih, bisa ke teras atau taman depan kantor, pandang tanaman hijau atau pepohonan, kedipkan mata beberapa kali.
  • Perawatan lensa kontak mata dengan benar bagi yang menggunakan, lepaskan secara teratur untuk  memberi kesempatan mata beristirahat. Pejamkan mata sebentar agar bola mata dapat dibasahi secara alami
  • Bagi anak – anak, jangan dibiasakan berjam jam di depan televisi atau bermain game. Walaupun masih usia muda tetapi dapat beresiko terhadap mata kering akibat pandangan yang fokus dan jarang berkedip
  • Beri kesempatan mata berkedip  atau pejamkan relaksasi sebentar.

 Mata kering

Efek Diabetes Terhadap Mata

Incoming search terms:

obat tetes mata untuk mata merah (185),yhs-mystartdefault (37),obat sakit mata yg ampuh (26),mata kering (20),obat katarak (10),obat herbal mata kering (9),obat tradisional mata kering (7),obat bintitan (7),obat untuk mata bintitan (5),penyakit mata kering (4),obat tradisional untuk mata kering (4),bola mata kering (4),obat bintitan mata (4),produksi air mata berkurang (3),Air mata kering (3),obat ampuh bintiten (2),obat ampuh bintitan (2),mengatasi mata kering (2),obat air mata kering (2),obat tradisional sakit mata kering (2)