Gangguan mata yang terjadi pada anda jangan di anggap remeh selain akan menyebabkan ketidaknyamanan ketika mata digunakan untuk melihat tentunya juga akan merusak menampilan anda. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui jenis-jenis gangguan mata beserta cara pencegahannya :

  • Gangguan mata – Bintitan

Bintitan biasa di kenal dengan sebutan timbilan yaitu berupa benjolan merah yang rasanya sakit pada pinggiran kelopak mata, yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebuah kantung rambut bulu mata. bintitan biasanya penuh dengan nanah yang akan pecah dalam waktu satu minggu. Jika infeksinya membandel, maka dokter  akan memberi resep krim antibiotik.

Untuk meringankan rasa sakit dan membantu timbil lebih cepat pecah, bisa melakukan perawatan dengan mengompres mata dengan air hangat bersih 4 kali sehari selama sepuluh menit. Biarkan bintit pecah sendiri lalu bilaslah mata Anda dengan bersih.

  • Gangguan mata – Kedutan

Kedutan pada mata tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan tapi Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk mengurangi kedutan tersebut dengan pijatan lembut pada kelopak mata.

Gangguan mata yang berkedut tanpa bisa dikendalikan biasanya berlangsung tidak sampai satu menit. Penyebab kedutan belum diketahui tetapi banyak orang yang menganggap bahwa kedutan tanpa rasa sakit itu ditimbulkan oleh rasa lelah dan ketegangan saraf.

  • Gangguan mata – Kelopak mata bengkak

Peradangan kronis yang terjadi sepanjang pinggiran kelopak mata biasa disebut Blefaritis. Kondisi ini dapat menyertai mata kering. Pada sebagian orang kelenjar dekat bulu mata mereka menghasilkan minyak yang berlebih sehingga merangsang pertumbuhan bakteri dan menyebabkan kulit teriritasi, gatal-gatal dan merah. Sisik-sisik kecil terbentuk sepanjang pingiran kelopak mata sehingga makin meiritasi kulit Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres kelopak atas mata yang tertutup dengan air. Lakukan 2 – 4 kali sehari selama sepuluh menit. Kemudian basuhlah sisik-sisik itu dengan air hangat atau shampo bayi yang sudah dilarutkan. Namun jika kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberi resep salep atau antibiotik oral.

  • Gangguan mata – Kelopak mata mengendur

Pelupuk mata atas bisa mengendur bila otot yang bertugas menahan kelopak mata itu melemah. Biasanya di sebabkan oleh faktor usia yang menua, trauma atau gangguan saraf dan otot. Tindakan pembedahan untuk memperkuat otot penopang akan dianjurkan dokter jika kelopak mata yang mengendur sampai mengganggu pandangan.

Hal yang harus Anda waspadai, jika kelopak mata mengendur secara mendadak segera periksa ke dokter. Karena bisa jadi hal ini berkaitan dengan penyakit stroke atau masalah-masalah akut lain pada sistem saraf Anda.

Incoming search terms:

obat sakit mata alami untuk bayi (60),Obat mata kedutan (44),obat tradisional sakit mata anak (37),Obat sakit mata anak 1 tahun (33),cara tradisional mengobati sakit mata pada bayi (26),obat tradisional sakit mata untuk bayi (25),penyakit mata bengkak (22),obat kelopak mata bengkak (18),obat tradisional sakit mata pada anak (17),kelopak mata sakit (16),obat sakit mata timbilan (15),obat kedutan mata (15),obat tradisional untuk mata bengkak (14),obat untuk mata timbilan (14),cara mengobati timbilan pada mata (13),obat mata timbilan (12),obat untuk mata kedutan (11),pengobatan mata kedutan (11),gangguan mata (10),obat timbilan (10)