Sakit mata adalah suatu penyakit yang kebanyakan orang tidak bisa terhindar darinya, dikarenakan mata merupakan salah satu alat indra yang paling vital pada organ tubuh manusia, mata merupakan alat indra manusia yang terus menerus dipergunakan.

Setiap hari manusia beraktifitas dengan matanya, baik di rumah maupun diluar rumah, apalagi di zaman ini udara sudah Banyak tercemar oleh asap knalpot, polusi, pencemaran lingkungan dll, sehingga timbullah beberapa penyakit diantaranya sakit mata. Orang mencari cara untuk mengobati sakit mata, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit mata. Penyebab sakit mata ternyata adalah virus.

kondisi fisik seseorang yang sedang lemah akan mudah terserang virus, dengan adanya virus tersebut maka  mata menjadi merah bengkak, merah membara, disertai rasa nyeri pada bola mata. Bila sudah terjadi  infeksi pada mata maka  produksi tahi mata (belek) bertambah. Saat bangun tidur, penderita bahkan sulit membuka matanya karena banyak kotoran di seputar tepi kelopak mata.

Proses seperti ini berlangsung cepat, yang menyebabkan penglihatan kabur dan terasa ada ganjalan di bola mata. Oleh sebab  itu diperlukan kewaspadaan dan penjagaan terhadap mata agar terhindar dari sakit mata.