Latihan untuk mata bisa mencegah terjadinya sakit mata minus, Berikut ini beberapa contoh latihan yang mudah dilakukan untuk membantu mencegah timbulnya mata minus. Namun jika sudah terlanjur ada, bisa membantu membuat minus tidak semakin parah. Setelah beberapa hari latihan, mungkin mata anda akan terasa pegal tetapi lama-kelamaan akan hilang. Karena itu, lakukan dengan santai saja. Tak perlu dipaksakan dan jangan berlebihan.

1. Mengubah fokus

Pilih benda yang terletak kurang lebih 15 cm di depan Anda dan jadikan objek dekat, misalnya pensil. Gunakan sesuatu yang terletak kurang lebih 4,5 meter dan jadikan objek jauh misalnya pohon, papan iklan, bangunan atau kendaraan di depan anda. Lihatlah berganti-ganti dari fokus jarak dekat ke jauh. Ubah fokus pada setiap 2 detik dan lihatlah hingga detail terkecil dari tiap objek yang anda lihat.
2. Memutar Mata
Latihan ini bertujuan untuk menstimulir aliran nutrisi disejkitar bola mata dan meningkatkan kontrol otot ekstraokuler. Caranya putar mata dalam satu lingkaran penuh. Pertama ke arah kiri, kemudian kearah kanan atau sebaliknya. Lakukan perlahan-lahan saja jangan terlalu keras supaya tidak menekan retina. Bila merasa pusing lakukan dengan mata tertutup.
3. Kedipan Kuat
Tujuannya untuk menstimulir produksi cairan mata. Caranya, tutup kelopak mata dengan kuat dan tahan sampai hitungan ketiga lalu buka lebar-lebar dan lakukan beberapa kedipan normal. Selanjutnya tutup lagi dengan kuat dan buka lagi.
4. Kedipan Lambat
Bernafaslah perlahan dan dalam, ketika menarik nafas lakukan beberapa kedipan normal tanpa melihat suatu objek secara khusus. Ketika menghembuskan nafas, tutup mata dengan santai dan perlahan sambil diniatkan untuk rileks.
5. Menutup Mata
Membantu mata untuk rileks atau menghilangkan pegal setelah melakukan latihan-latihan diatas. Caranya, gosok-gosok kedua telapak tangan anda selama beberapa menit hingga terasa hangat. Pejamkan kedua mata dan tutup rapat dengan kedua telapak tangan. Pastikan kedua  mata terletak di tengah-tengah telapak tangan sehingga tidak tertekan dan jari-jari terletak dikening. Pertahankan posisi demikian selama beberapa menit sehingga mata terasa nyaman. Tarik nafas yang dalam secara teratur.

Incoming search terms:

obat herbal mata minus (177),Obat herbal untuk mata minus (112),obat mata minus (109),cara menyembuhkan mata minus secara alami (104),cara mengobati mata minus secara alami (86),cara menghilangkan minus pada mata (84),mengobati mata minus dengan herbal (72),obat alami mata minus (70),obat tradisional untuk mata minus (69),obat alami untuk mata minus (42),cara alami mengobati mata minus (33),obat herbal untuk mengobati mata minus (33),cara menghilangkan mata minus secara alami (30),Cara alami menyembuhkan mata minus (26),cara mengurangi mata minus secara alami (23),mengobati mata minus secara alami (23),Obat herbal untuk menyembuhkan mata minus (22),cara mengobati mata minus (21),cara mengobati mata minus secara tradisional (21),cara mengobati mata minus tradisional (20)