Kesehatan mata merupakan salah satu hal yang terpenting bagi setiap manusia, karena mata adalah indra yang paling urgen, oleh sebab itu mata perlu dirawat dan dipelihara mulai usia masih muda hingga hari tua, supaya bisa menikmati penglihatan dengan baik.

jika merasa ada gangguan pada mata walaupun baru sedikit jangan dianggap sepele, jangan ditunggu sampai gangguan pada mata sudah parah karena hal itu akan menjadi masalah dikemudian hari, sehingga sulit diobati.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah selalu konsultasi pada dokter spesialis mata supaya dapat diketahui jenis sakit mata yang sedang dialami, agar tidak salah dalam penanganan yang harus diambil.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata :

  • Hindari mengucek mata jika ada benda asing masuk kedalam mata

jika ada benda asing seperti lalat atau serangga yang masuk ke dalam mata, usahakan jangan dikucek, bila mata tetap dikucek maka bola mata akan terluka dan selanjutnya akan timbul gangguan pada mata sehingga mata terasa tidak nyaman.

bila terjadi hal tersebut, hal harus dilakukan pertama kali adalah membersihkan mata dengan menggunakan air, pada umumnya apabila ada benda asing yang masuk ke dalam mata jika dibilas dengan menggunakan air akan mudah keluar.

  • Penerangan

Satu hal yang penting adalah penerangan yang baik sekali untuk ruangan belajar atau ruang kerja, sesuai dengan ketentuan keselamatan kerja ruangan belajar atau ruangan untuk kerja harus diterangkan dengan 300 LUX. Kekurangan cahaya bisa mengakibatkan gangguan pada mata dari usia muda.

  • Genetis atau turunan

Supaya bisa mengatasi gangguan pada mata seperti minus dan silinder disarankan kepada orang tua yang dirinya sudah mengalami kelainan mata tersebut, sebaiknya mata anak pada usia 5-6 tahun diperiksa. jika ternyata dideteksi minus atau silinder dengan mudah bisa disembuhkan dengan menggunakan tetes mata herbal Radix Vitae.

  • Melindungi mata dari sinar matahari dan debu

agar kita terhindar dari penyakit mata seperti katarak atau pterygium maka mata harus dilindungi dari debu dan sinar matahari. Hal ini terutama bagi orang yang sering berkendara dengan roda dua atau yang selalu bekerja diluar ruangan agar memakai helm yang benar dan menutup muka kemudian memakai kacamata gelap atau minimal jika keluar ruangan pada siang hari memakai topi.

Itulah beberapa tips secara umum yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata.