sakit mata dapat di cegah dengan beberapa cara  yaitu :
1. Menjauhi orang yang menderita sakit mata
ini adalah salah satu cara preventif jika anda ingin terbebas dari sakit mata. Misalnya salah satu keluarga Anda ada yang memiliki sakit mata, maka sebaiknya anda tidak terlalu sering bertatap muka terutama memandang matanya karena sakit mata bisa menular. Dan lakukan hal yang sama jika Anda memiliki kondisi mata sakit, yaitu jangan dekati orang yang tidak menderita sakit mata.

2. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan
anda bisa mengkonsumsi makanan berupa sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A untuk menjaga agar mata tetap sehat. Jenis sayuran yang mengandung vitamin A adalah wortel.

3. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat
Lingkungan yang bersih dan sehat berperan penting bagi kesehatan mata Anda. Dengan adanya lingkungan yang bersih dan sehat maka mata akan rileks, dampak dari lingkungan yang tidak sehat akan berpengaruh pada penglihatan mata.

4. hindari menonton televisi atau komputer dalam keadaan gelap.

Usahakan menggunakan cahaya yang cukup terang ketika kita menonton televisi atau komputer, ini untuk menghindari agar mata tidak mudah lelah. Dan hindari juga menonton televisi berjam-jam, ini akan mengakibatkan kerja mata semakin berat.

5. hindari mengucek mata dengan tangan

Ada baiknya tidak mengucek mata atau menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak mestidalam kondisi bersih dan steril.

6. Hindari menggunkan barang orang yang sedang sakit mata

Sebisa  mungkin tidak menggunakan barang pribadi seperti kacamata, handuk, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain terutama yang sedang sakit mata.
7. gunakan pelindung mata.

Usahakan untuk menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi atau ketika  berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata.
8. Menjaga kebersihan

perhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan agar terhindar dari sakit mata.